Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 17 April 2014

SERVIS RINGAN SEPEDA MOTOR MATIC SUZUKI SPIN

Selamat datang di artikel servis ringan sepeda motor matic suzuki spin. Artikel ini akan membahas megenai servis ringan pada sepeda motor matic suzuki spin. Servis dilakukan supaya sepeda motor kembali ke kondisi, atau untuk memaksimal kerja mesin. Untuk jenis sepeda motor matic, servis hampir sama dengan jenis sepeda motor lainnya. Hanya pada sepeda motor jenis matic banyak langkah-langkah yang harus dilakukan. Dan tinggkat kesulitan sedikit lebih rumit karena harus banyak bagian-bagian yang harus dibuka seperti cover yang menutupi bagia engine.
 PROSEDUR SERVIS RINGAN SEPEDA MOTOR MATIC SUZUKI SPIN
Langkah-langkah dalam servis sepeda motor matic adalah sebagai berikut :
PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN KERJA
Persiapan yang pertama sekali sebelum melakukan servis sepeda motor matic spin adalah kita harus menyediakan peralatan dan bahan yang mendukung dalam proses servis tersebut. Adapaun peralatan tersebut adalah Obeng plus dan obeng minus, tang, kunci T (ukuran 8, 10, 12 dan 14), tool kit set, feeler gauge, multi tester dan sebagainya. Bahan yang digunakan adalah panci / mangkok tempat penampungan, bensin, majun (kain lap), amplas dan Kompressor udara. Dan tak kala pentingnya adalah masalah ruangan tempat servis harus bebas atau ruang terbuka, supaya udara bebas masuk dan keluar terutama gas Carbondioksida yang dihasilkan dari kenderaan dapat langsung terbuang atau keluar ke udara luar.

MEMBUKA BODY COVER
Sebelum melakukan servis, posisikan sepeda motor dengan posisi pada dongkrak tengah agar sepeda motor berdiri dengan stabil.
  • Buka semua baut body cover yang yang menutupi bagian mesin depan dari sepeda motor dengan obeng +.
  • Tempatkan baut pada satu tempat penampungan bahan agar tidak terjadi kesulitan, kekurangan baut saat pemasangan kembali.
  • Letakan body cover ditempat yang aman (untuk menghindari pecah akibat terpijak)
MEMERIKSA TEGANGAN BATTERY
  • Ambil multi tester, arahkan selector pada 50 DCV dan hubungan kabel posistif pada multi tester ke terminal posistif battery dan kabel negatif pada multi tester dengan terminal negatif battery.
  • Baca hasil pengukuran. Jika hasil ukuran yang didapat lebih dari 12 volt berarti battery dalam kondisi baik, jika hasil pengukuran battery menunjukan kurang dari 10 volt, keluarkan battery dari dudukannya dan charge battery.
MEMERIKSA SARINGAN UDARA
  • Lepaskan cover saringan udara pada raditor.
  • Buka baut cover dan keluatkan saringan udara.
  • Bersihkan nringan udara.
  • Bersihkan cover saringan udara dengan kain lap atau gunakan udara kompressor.
  • Pasang kembali saringan udara pada cover saringan udara.
MEMERIKSA DAN MEMBERSIHKAN KARBURATOR
Adapun langkah langkah dalam membersihkan sistem Karburator pada sepeda motor Suzuki Spin matic adalah :
  • Buka semua selang-selang karet yang terhubung pada karburator.
  • Untuk selang bahan bakar, tutup selang dengan menutup keran bahan bakar atau tutup ujung selang dengan menggunakan penutup seperti obeng.
  • Lepaskan baut pengikat karburator pada saluran masuk (intake manifold)
  • Keluarkan karburator dari dudukannya.
  • Buka tali gas dari karburator
  • Setelah karburator terbebas dari semua komponen yang mengikat, letakkan karburator kedalam tempat penampungan (mangkok) yang berisi bensin (secukupnya).
Membuka komponen karburator :
  • Buka baut dari penampungan bahan bakar pada karburator (baut pelampung)
  • Buka pin pelampung dan keluarkan pelampung dari karburator.
  • Buka zet needle atau spuyer karburator.
  • Buka sekrup stasioner dan skrup udara pada karburator.
  • Semua komponen bagian dalam dari karburator yang dibuka, letakkan (kumpulkan ke dalam mangkok penampungan).
Bersihkan semua komponen bagian dalam karburator dengan menggunakan kuas/sikat dan bensin. Setelah dibersihkan ;
  • Semprotkan udara kompress pada masing-masing bagian komponen sampai kotoran-kotoran yang menempel hilang.
  • Semprotkan juga pada bagian lubang-lubang spuyer (zet needle).
  • Perhatikan lubang dari spuyer tersebut, jika terdapat penyumbatan, semprotkan kembali dengan udara kompress, jika perlu ambilah sebuah jarum untuk membebaskan lubang spuyer tersebut dari kotoran yanng tidak dapat dihilangkan dengan udara kompress.
Pemasangan Karburator :
  • Pasangkan komponen-komponen karburator baut sekrup udara, sekrup stasioner, zet needle dan pin serta pelampungnya.
  • Periksa cara kerja dari pelampung. Apakah pelampung dapat bekerja dengan baik.
  • Pasangkan mangkok pelampung dan bautkan.
  • Pasangkan tali gas dan kencangkan mur pengikatnya.
  • Pasangkan choke karburator.
  • Masukkan karburator kedalam dudukannya.
  • Kencangkan baut pengikat karburator terhadap saluran masuk (intake manifold).
  • Pasangkan selang bahan bakar dan ganti klip selang bahan bakar jika rusak.
  • Pasangkan semua selang-selang karet udara yang terhubung ke karburator.
  • Pasangkan saringan udara pada karburator dan kencangkan ikatan atau baut pengikatnya.

MENYETEL PEMBUKAAN KATUP MASUK DAN KATUP BUANG (KLEP API ATAU KLEP MINYAK)
Setelah komponen karburator terpasang, hal selanjutkan yang harus dilakukan adalah penyetelan celah katup (katup masuk dan katup buang)

Adapun urutan penyetelan celah katup adalah :
  • Buka tutup kepala silinder atau tutup katup.
  • Buka tutup magnet dan perhatikan tanda top pada magnet.
  • Tanda top yang benar adalah tanda pada magnet harus segaris dan tada segaris tersebut juga harus dijumpakan pada tanda sprocket.
  • Jika kedua tanda tersebut tidak tepat, putar kembali magnet berlawanan jarum jam sampai mendapatkan tanda keduanya tepat.
  • Perhatikan celah katup.
  • pegang dan goyanglah katup kearah samping atau ukurlah celah katup dengan menggunakan feeler gauge.
  • Jika celah katup terlalu renggang, maka rapatkanlah celah katup tersebut atau sebaliknya.
  • Buka baut pengunci katup, kemudian masukkan feeler gauge diantara celah tersebut dengan ukuran 0,05 mm.
  • kencangkan sekrup penyetel katup dan tariklah feeler gauge.
  • Jika feeler gauge terasa kesat ditarik maka penyetelan telah tepat.
  • Lakukan pada kedua katup.
Setelah penyetelan dilakukan, tutupkan kembali tutup klep (gunakan lem treebond) sebagai perekatnya dan perhatikan packing karet, jika sudah rusak, pecah maka gantilah packing karet dengan yang baru. Pasangkan kembali tutup dan cover magnet.
PEMERIKSAAN BUSI DAN PENYETELAN KARBURATOR.
Pemeriksaan Busi dan Penyetelan karburator dapat anda klik Disini.
Demikianlah artikel servis ringan pada sepeda motor matic Suzuki Spin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Previous
Next Post »

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.