Durasi Kem / Batasan Durasi Kem
Korek mesin motor,Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat kruk as.m Maksud dari durasi klep buat
para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga
mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin
meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan
pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang
sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini
membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk
memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka
mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.
Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang
dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston
berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan
bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun
saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses
turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih
baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang
terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.
para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga
mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin
meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan
pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang
sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini
membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk
memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka
mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.
Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang
dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston
berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan
bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun
saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses
turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih
baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang
terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.
Penggunaan rumus:
Missal
untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
Missal
untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
58-60° sesudah TMB(Titik Mati Bawah). Sedangkan untuk klep buang, membuka 57-59° sebelum TMB(Titik Mati Bawah), dan menutup 31-33 setelah TMA(Titik Mati
Bawah).
Untuk mesin 200 ccklep isap membuka 28° sebelum TMA dan menutup 63-65° setelah TMB dan menutup 28-29° setelah TMA.Apabila klep buka 25-38° sebelum TMA dan menutup 50-70° setelah TMB, UNtuk klepbuangnya sendiri membuka 50-70° sebelum TMB dan menutup 25-38° setelah TMA, batasan yang dapat diberikan 260-280°. Makin kecil durasinya makin bagus untuk
trek pendek,tenaga bawah lebih ngis. Cocok untuk karakter skubek yang perlu tarikan awal yang lebih responsive.
Durasi Cam
Diukur pada bukaan klep/angka dial gauz Menunjuk pada 0,050 inchi/1,27mm
Klep mulai membuka 0,15mm dan hampirmenutup 0,15mm
Durasi noken as Yamaha vega
Intake
membuka 27° sebelum tma,menutup 35° setelah tmb
Exhause
membuka 55° sebelum tmb,menutup 29° setelah tmaExhause
Noken As / kem Racing Pabrikan
<!-- [if gte mso 10]>Noken As / kem Racing Pabrikan
korek motor,Banyak mekanik hanya beli langsung Noken As yang sudah racing dari pabrikan,ini biasanya karena malas riset, kurang ilmu Noken As, takut gagal, dan ngirit biaya.Banyak merk Noken As racing / kem racing beredar di masyarakat.Banyak pilihan berbeda,bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda pula.
Karena itu kami coba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As / Kem yang sesuai dengan karakter motor anda.
Contoh-contoh Noken As racing Pabrikan :
KAWAHARA
Ada tiga tipe : tipe K1
: tipe K2
: tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian,lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim.Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
DATA KAWAHARA K1
Klep in(durasi) :16+180+47 = 237 derajat
Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat
Lif in : 8 mm
Lift ex : 8 mm
LSA : 98 derajat
Harga : 350 ribu
DATA KAWAHARA K2
Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
Lif in : 8,75 mm
Lift ex : 8,56 mm
LSA : 103 derajat
Harga : 400 ribu
DATA KAWAHARA RACING ONLY
Klep in(durasi) :28+180+ 60 = 268 derajat
Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 252 derajat
Lif in : 10,33 mm
Lift ex : 8,89 mm
LSA : 113 derajat
Harga : 600 ribu
TDR
Noken As / Kem TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep.Bahkan untuk klep lebar sekalipun.
DATA Noken As / Kem TDR
Klep in(durasi) :13+180+45 = 238 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
Lif in : 8,4 mm
Lift ex : 7,93 mm
LSA : 94,5 derajat
Harga : - ribu
MARATHON
Noken As / Kem keluaran Mitra2000 sangat laku dipasaran.
DATA Noken As / Kem New Marathon
Klep in(durasi) :16+180+50 = 246 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
Lif in : 7,78 mm
Lift ex : 7,53 mm
LSA : 112,5 derajat
Harga : 250 ribu
NEW CLD
Hampir mirip marathon, bahkan lebih bagus mendongkrak power dari pada marathon. CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Kem atau Noken as ini lebih keras atau setara dengan Noken As standart pabrikan.
Klep in(durasi) :17+180+48 = 245 derajat
Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 242 derajat
Lif in : 7,82 mm
Lift ex : 7,82 mm
LSA : 105 derajat
Harga : 400 ribu
HRP
HRP(Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
Klep in(durasi) :18+180+43 = 238 derajat
Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 252 derajat
Lif in : 7,35 mm
Lift ex : 7,33 mm
LSA : 102 derajat
Harga : 300 ribu
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.