Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 November 2008

Monyet Saja Bisa Berbagi

Berbagai Test yang dilakukan kepada monyet capuchin menunjukkan bahwa monyet ini secara konsisten akan memilih untuk membagikan makanan dengan sesama monyet jika pilihan untuk berbagi dimungkinkan, menunjukkan bahwa mereka mampu berempati, demikian hasil penemuan Yerkes Research Center, Emory University di Atlanta. "Tampaknya mereka saling peduli kepada mereka2 yang dikenalnya," kata Frans del Waal, direktur Living Links Center di Yerkes, dalam tulisannya untuk laporan hasil penelitiannya.

Tim Frans melakukan pengujian kepada delapan ekor monyet capuchin coklat yang saling dipasangkan. Dalam penelitian ditunjukkan bahwa mereka boleh memilih antara mengambil barang yang bisa memuaskan seekor monyet atau bisa mengambil barang yang dapat dibagikan untuk mereka berdua, pilihan kedua ini disebut prososial. Pilihan pertama dan kedua akan memberikan jumlah makanan yang sama kepada monyet pertama.

"Para subyek secara sistematis memilih pilihan prosisal jika partner mereka dalam keadaan: saling mengenal, tampak (dalam jarak pandang si monyet), dan akan menerima barang yang nilainya sama. Demikian tulis tim Frans dalam laporan mereka, yang di terbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. "Fakta bahwa para capuchins lebih memilih untuk mengambil pilihan prososial memberi pandangan bahwa pada saat monyet lain menerima makanan yang sama, maka hal itu akan membahagiakan mereka," kata Frans

"Kami percaya bahwa tingkah prososial ini berdasarkan empati. Empati meningkat baik kepada manusia maupun hewan yang memiliki kedekatan sosial, dan dalam studi kita, semakin dekat kedua monyet yang ada, semakin tinggi pula kemungkinan untuk pemilihan pilihan prososial." Berikutnya tim Frans meneliti apakah memberi merupakan hal yang menyenangkan juga bagi para capuchin, karena mereka dapat makan bersama atau karena para monyet capuchin lebih bahagia ketika mereka melihat monyet lain menikmati makanan.

"Para monyet itu secara spontan membagikan makanan, baik dalam alam bebas maupun dalam penangkaran, dan biasanya mereka akan duduk berdekatan pada saat makan," demikian tulis para peneliti itu.

Coba bayangkan, monyet saja bisa berbagi. Mengapa manusia yang berakal budi tidak bisa? Mengapa yang harus belajar tentang "berbagi" dari monyet?
Semoga menginspirasi Anda dan saya.

Previous
Next Post »

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.